Jarang yang tahu. Inilah macam macam susu kambing

Selamat siang pembaca yang budiman. Kali ini kami akan membahas tentang macam macam susu kambing. Tulisan ini hanya untuk sekedar menambah wawasan tentang susu kambing agar anda dapat memilih macam susu kambing yang baik dan cocok dengan anda. Latar belakang kami menulis ini karena banyak sekali konsumen yang tidak mengerti macam macam susu kambing, sehingga semua dipukul rata.

Baiklah para pembaca yang budiman. Pada dasarnya susu kambing dapat dibagi menjadi 2 ( dua ). Yaitu susu kambing cair dan susu kambing bubuk

  1. SUSU KAMBING CAIR

Adalah susu kambing yang diperoleh dari hasil perahan kambing secara langsung tanpa pengolahan sama sekali. Untuk mengkonsumsinya cukup direbus seperti halnya merebus susu sapi. Akan tetapi jangan merebus dengan suhu yang tinggi, dikhawatirkan akan merusak kandungan vitaminnya.

  • Kelebihan susu kambing cair

Kelebihan susu kambing cair ini adalah kandungan vitamin di dalamnya masih murni, karena belum tercampur dengan bahan lain. Demikian juga khasiatnya juga lebih baik dari susu kambing yang sudah diolah.

  • Kekurangan susu kambing cair

Susu kambing cair tidak tahan lama. susu kambing cair mempunyai ketahanan layak konsumsi hanya 6 jam di udara. selebihnya harus dibekukan agar tidak rusak atau menyebabkan racun. Apabila sudah mencair setelah dibekukan harus segera dikonsumsi maksimal 6 jam setelah dibekukan. Susu kambing cair tidak boleh dibekukan secara terus menerus. Dikhawatirkan susu kambing tersebut rusak atau malah menimbulkan bakteri. Selain itu susu kambing tidak dapat didistribusikan secara luas, hanya seputar kota saja karena susu kambing cair yang dikirim harus keadaan beku. Kekurangan lain susu kambing cair adalah beraroma prengus atau bandot sehingga banyak yang tidak menyukai susu kambing cair ini.

2. SUSU KAMBING BUBUK

Susu kambing bubuk adalah susu kambing cair yang diolah dengan cara menghilangkan kandungan airnya. Cara pengolahan pun harus dengan hati-hati, dengan suhu rendah dan pengadukan yang merata. Jika tidak hati-hati dalam pengolahannya maka susu kambing bubuk ini akan rusak sehingga khasiat dan manfaatnya pun akan berkurang atau bahkan hilang sama sekali. Susu kambing bubuk dapat dikategorikan menjadi 2 ( dua ) berdasarkan prosentase kandungan susu kambingnya. yaitu :

  • Susu kambing bubuk kwalitas baik

Adalah susu kambing bubuk yang mengandung susu kambing asli dengan prosentase diatas 60%. selebihnya adalah campuran penunjang seperti creamer nabati dan gula jagung. Creamer disini berfungsi sebagai penghilang bau bandot atau prengus sehingga konsumen merasakan lezat mengkonsumsi susu kambing bubuk ini. Sedangkan gula jagung berfungsi sebagai pemanis dan pengawet sehingga susu kambing bubuk ini mampu bertahan hingga berbulan-bulan.

  • Susu kambing bubuk kwalitas sedang

Adalah susu kambing yang mengandung susu kambing asli dengan prosentase di bawah 50%. Selebihnya adalah campuran penunjang seperti creamer nabati, gula jagung, dan perasa-perasa seperti rasa coklat, strawberi, kopi, madu, dan lain sebagainya.

  • Susu kambing bubuk kwalitas rendah

Adalah susu kambing bubuk yang mengandung susu kambing dengan prosentase di bawah 30%. Selebihnya terdiri dari fullcream atau SKIM, creamer, gula, perasa- perasa lainnya.

Demikianlah kami sampaikan macam-macam susu kambing, semoga menambah wawasan dan udukasi untuk memilih susu kambing yang terbaik untuk anda dan keluarga. Terimakasih

Tinggalkan Balasan