Kandang Kambing Etawa

Kambing Etawa adalah kambing yang istimewa. Maka sebaiknya memperlakukannya pun juga harus istimewa. Termasuk kandang kambing etawa. Janganlah membuat kandang seperti pada umunya kambing. Pada prinsipnya kambing etawa harus memenuhi 3 ( tiga syarat utama ) yaitu :
  1. Kandang harus mampu melindungi dari hewan pemangsa
  2. Kandang harus mampu mempermudah kambing etawa dalam beraktifitas sehari-hari. seperti makan, minum tidur, kencing, dan buang kotoran
  3. Kandang harus mempermudah dalam perawatan dan pengawasan si Peternak. 
Selain itu, faktor sanitasi yang memenuhi standart juga harus diperhatikan. Hal tersebut adalah mutlak guna menjaga agar susu tidak terkontaminasi oleh bakteri-bakteri yang membahyakan jika dikonsumsi susunya. Syarat Sanitasi tersebut antara lain:
  1. Kandang harus berbentuk panggung. Minimal 1 ( Satu ) meter dari permukaan tanah. Hal tersebut untuk menghindari bakteri dari kotoran yang dikeluarkan kambing.
  2. Kandang harus selalu dibersihkan 2 ( Dua ) kali sehari, pagi dan sore
  3. Dibawah kandang harus tersedia saluran pembuangan kotoran dan air dan penampungannya harus berjarak minimal 20 ( Dua Puluh ) meter dari kandang.

Demikian kiranya. syarat-syarat yang harus diperhatikan dalam pembuatan kandang kambing etawa. Semoga dapat menambah wawasan kita semua.

Sumber: kambingetawa.net

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s