Biji kapuk meningkatkan produksi susu kambing

Biji kapuk ternyata sangat penting manfaatnya selain kapuknya sendiri. Karena dua pertiga bagian berat buah kapuk merupakan biji yang menghasilkan minyak sebanyak 22-25 %. Minyak tersebut berwarna kekuning-kuningan dan hampir tidak ada rasanya. Sisanya berupa bungkil biji kapuk dapat digunakan untuk makanan ternak.
Bungkil biji kapuk mengandung 13 % air, 6 % abu, 20 % serat kasar, 6 % lemak, 29 % protein, 20 % karbohidrat. Dengan kandungan-kandungan tersebut, berdasarkan pengalaman kami dapat menghasilkan susu yang lebih banyak dibandingkan jika tidak diberi bungkil biji kapuk. Bungkil biji kapuk merupakan bahan pakan yang kurang disukai oleh ternak ruminansia, seperti kambing etawa. Jadi Pemberian pakan jangan terlalu sering. Hanya sebagai kombinasi saja.
Bungkil biji kapuk ini tidak bau, rasanya hampir tidak ada, bentuknya agak keras dibandingkan dedak, bungkil kelapa, atau bungkil kedelai. Jadi bungkil biji kapuk bisa dipadukan dengan bahan makanan lain.
Demikian penemuan terakhir tentang bagaimana meningkatkan jumlah produksi perahan susu kambing etawa, semoga bermanfaat. atas perhatiannya kami ucapkan terimakasih.

Tinggalkan Balasan